Wednesday, June 8, 2016

.:: Bingka Kentang ::.




Assalamu'alaikum...


Selamat pagi kaka.........

Semua pasti pada doyang sama kue ini kan... Yup kue bingka, khususnya bingka kentang. Bingka merupakan salah satu takjil yang wajib ada bagi kebanyakan warga Banjarmasin karena konon katanya pada jaman dahulunya kue (Banjar : wadai) ini diolah hanya pada waktu tertentu dan hanya diperuntukkan oleh bangsawan dan hartawan serta hanya ada pada acara tertentu saja pula. Namun sekarang wadai bingka ini sudah bisa dinikmati oleh sesiapaun jua terlebih di bulan ramadhan seperti sekarang ini. Tak perduli harganya yang semakin meningkat setiap tahun, warga Banjar pasti akan memburunya apalagi jikalau bingka tersebut asli dan enak.
Tapi jikalau setiap mau makan beli lagi dan lagi alamat emak bakalan bangkrut pemirsyaaah... Beruntung punya buku Wadai Banjar 41 Macam hasil karya bapak Drs. H. M. Syamsiar Seman. Langsung dech nyontek full resep dari buku beliau ini.
Berasal dari bingka biasa yang berbahan dasar utama telur bebek, bingka ini kemudian dikembangkan dengan penambahan kentang, tapai, nangka, dan lain-lain.


Bingka Kentang
Sumber resep: Buku Wadai Banjar 41 Macam

Bahan:
- Santan kental 3 gelas
- Telur bebek 4
- Gula pasir 1 gelas
- Kentang 5 buah (saya pake 4 ukuran besar) Kukus, haluskan.
Cara membuat:
- Campur telur dan gula, aduk hingga gula larut
- Tambahkan santan kental dan kentang halus, aduk rata.
- Tuang adonan di Loyang bingka yang sudah dipanaskan diatas api terlebih dahulu, tutup.
- Tunggu hingga masak.
- Sajikan.
Karena saya lupa naruh Loyang/tuangan bingka aslinya dimana akhirnya saya pake Loyang biasa namun memiliki bentuk yang sama juga yaitu bunga, kemudian saya panggang menggunakan oven dengan suhu 180-190 kurang lebih 45 – 50 menit api bawah dan menambahkan sekitar 10 – 15 menit api atas, disesuaikan ajah.

Alhamdulillah….
Soal rasa hampir tak mengalahkan dengan yang dipanggang diatas api langsung itu karena lebih kuat aroma yang keluar trus gosong2 pinggirannya juga seksi dimata saya. Namun ya tetep aja yang ini jauh lebih HEMAT dan ASLI trus satu resep ini saya bisa dapat 2 loyang. Yay……

Barakallahu fiikum…
Semoga bermanfaat.

2 comments: