Saturday, June 11, 2016

.:: Sosis Selimut Keju ::.

Sosis selimut keju

Assalamu'alaikum...

Hati ini berasa tak karuan, sedari subuh pikiran ini selalu tertuju pada abah dan mama. Namun entah kenapa kesibukan urusan rumah tangga mengalihkan perhatian saat bibir ini hendak menyapa mereka melalui telpon.

Pekerjaan rumah selesai, lantas saya langsung membuat puding lumut yang sedang kekinian banget dimana-mana baik itu dunia maya ataupun nyata. Selesai puding saya lanjut menyiapkan bahan dasar selimut permintaan si dede buat makan siang dan Aa buat buka puasa nanti sekali. Ketika handak menyiapkan sosis selimut keju untuk dede tetiba abah nelp memberi kabar yang tak enak tentang mama. Dan aaaaaaah sepertinya ini penyebab perasaan tak karuan dan kegundahan hati sedari subuh, Mama SAKIT!!! Teledornya saya... kenapa keasikan sendiri, kenapa tak langsung menghubungi mereka sedari tadi, kenapa ini kenapa itu... perasaan kesal, jengkel dan marah kepada diri sendiri terus menggeluti hati. Semua yang saya kerjakan langsung saya tinggalkan begitu saja, sambil menyiapkan keperluan anak-anak, saya meminta ijin sama pak suami memberitahukan saya dan anak-anak akan pergi ke rumah abah dan mama, alhamdulillah langsung diijinkan dan kami melaju kencang saat itu juga.

Hati dan tubuh ini lemeeees seketika saat memasuki pintu rumah menyaksikan mama terbaring tak berdaya :'( Ada kakak laki-laki yang sudah tiba terlebih dahulu. Saat itu adalah hari ke 2 mama tidak bisa makan, meskipun ada banyak macam makanan tapi perut mama menolak semua, hanya air putih dan beberapa butir nasi saja yang berhasil lolos masuk tenggorokan, selebihnya tertolak. Aahhh jahat rasanya diri ini, jahaaaaaat sekali. Maafkan anakmu ini Ma... 
Puding lumut yang sudah mengeras langsung saya suguhkan untuk beliau, alhamdulillah satu potong kecil habis. 
Jelang sore satu persatu kakak-kakak berserta keluarganya berdatangan. dua hari berturut-turut kami menemani. Hari ini hari ketiga, insyaAllah rencananya saya dan anak-anak akan menginap menemani mama. Lekas sembuh ma.... maafkan kelalaian kami anak-anakmu ini...:'(

Dan, kemarin sebelum berangkat menengok mama lagi, kerjaan yang tertunda akhirnya bisa diselesaikan dulu, apa ituuu.... bikin sosis selimut keju permintaan anak-anak. Resepnya dari tabloid Koki tahun 2009 (jadul amat yak >.<") tapi anak-anak alhamdulillah suka. Karena kremes-kremesnya enaaaaak bangeet...

Adonan dasar selimut

Adonan Dasar Sosis Selimut

Sumber resep koki 2009

Bahan :
100 gram tepung tapioka
300 ml air
1 butir kuning telur
1 sdt minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica
Garam secukupnya

Cara Membuat
- Campur tepung tapioka, bumbu dan air dalam panci
- Masak diatas api kecil sambil diaduk hingga kental dan matang. Angkat, haluskan dengan blender
- Masukkan kuning telr dan minyak, blend lagi hingga tercampur rata.
- Adonan siap digunakan.

Adonan ini bisa digunakan untuk ayam, udang, dan jamur...


Sosis Selimut keju


Sosis Selimut Keju


10-15 sosis sapi atau ayam
50 gram tepung tapioka (saya pake 30 gram)
1 sdm keju parmesan bubuk (saya pake keju cheddar)
Adonan dasar sosis selimut
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng

Cara membuat:
- Campur adonan dasar selimut dengan keju, aduk rata
- Gulingkan sosis diatas tepung tapioka
- Lumuri sosis dengan adonan selimut hingga terbalut rata
- Goreng sosis didalam minyak goreng yang banyak sambil disiram-siram, hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
- Sajikan dengan saus tomat (saya pake saus tomat + mayo)

Alhamdulillah mama juga ikutan sama anak-anak makan sosis selimut keju, karena rasa gurihnya akhinya selera makan mama mulai kembali.

Semoga bermanfaat.
Wassalam.

2 comments:

  1. nyontek reseeeppppp ^^ syafahallah mamaaa...

    ReplyDelete
  2. Nyontek resep??? bayaaaaaar.... wekekekekek..
    amiiiiin Allahumma aaamiin... makasih kaka :-*

    ReplyDelete