Wednesday, November 2, 2016

.:: Belgian Waffle ::.



Assalamu'alaikum...

Lama tak menyapa blog..
Apa kabarnya ya....
Sepertinya masih sama aja, masih seperti sebelumnya.
Beberapa minggu lalu dapat paketan mendadak yang datang ke rumah. Tertera tujuan atas nama Pak suami, penasaran tentu saja dan langsung menghubungi beliau, ternyata langsung disuruh buka aja, ya sutralah ya... gerak cepat sama anak-anak langsung buka paketan dan ternyata isinya..... traaaadaaaaaa....... cetakan silicone waffle yang bentuk bunga dan persegi serta cetakan puding juga.. eh masih ada lagi... cetakan telur.... Yay!!!!! Alhamdulillah rejeki istri solehah.... Jazakallahu khairan katsiraan wahai suami tersayang, semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa melimpahkan rejeki atas mu dan keluarga kita, diberikan kesehatan dan keberkahan dalam hidup, amin Ya Mujibassailin.
Sorenya langsung dech hunting resep waffle, bikin trus langsung makan, abies.... Bikin lagi abies lagi.....Resepnya nyoba sana sini, ada yang cocok ada yang rasanya kurang... hingga akhinya 2 kali terakhir bikin dengan resepnya Ayudiahrespatih yang ada di instragram beliau, alhamdulillah cocok sama selera anak-anak dengan modifikasi sedikit.
Pagi ini bikin lagi disesuaikan dengan bahan yang ada dirumah sebagi toppingnya.

Belgian Waffle

1 cup tepung terigu

2 sdm gula pasir

1 sdt baking powder

1/4 sdt garam

1 kuning telur

1 cup air

1 pth telur

1/4 cup minyak (aku pake butter kurleb 3 sdm, dicairkan)
1 sdt vanilla 


Topping : buah dan madu (aku saus coklat dan rainbow hoops sesuai bahan yang ada dirumah)

  • Campur tepung, baking powder, gula dan garam, aduk. 
  • Masukan kuning telur dan air. Aduk rata. Tambahkan minyak, aduk. 
  • Kocok putih telur dgn garpu hingga berbusa, masukan ke dalam adoanan terigu.,Aduk. 
  • Tuang adonan pada cetakan waffle, masukkan ke dalam oven yang sudah panas, panggang kurang lebih 13-15 menit dengan suhu 190 derajat. Keluarkan balik cetakan, panggang kembali waffle (posisi bagian bawah waffle menghadap ke atas) panggang kurang lebih 2-3 menit.
  • Sajikan dengan topping sesuai selera.




Semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum.
Qhi


Sunday, October 16, 2016

.:: Gangan Besantan ::.


إِنَّ الْقُلُوبَ بِيَدِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ يُقَلِّبُهَا
Sesungguhnya hati berada di tangan Allah ‘azza wa jalla, Allah yang membolak-balikkannya.” (HR. Ahmad 3/257. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini qowiy (kuat) sesuai syarat Muslim).





Ketika orang mengkritikmu atau mencelamu, maka perhatikan celaannya. Apabila ada kekurangan itu pada dirimu, maka perbaikilah langkahmu dan luruskan kesalahanmu. Namun apabila kekurangan itu tidak ada pada dirimu, berkatalah, “Alhamdulillah”, dan janganlah celaan itu mengganggu langkahmu.
@Dr_almosleh (Dr. Khalid Al Mushlih, dosen fiqh pada Universitas Al Qashim, Saudi Arabia)

Assalamu'alaikum....

Selamat pagi Minggu...
Pagi ini bersama anak-anak beberes kamar dan seisi rumah, kelar beberes emaknya lanjut masak, anak-anak main diluar rumah.
Belum ada rencana jalan keluar rumah sih, mau di dalam rumah aja, tugas emak lainnya masih menunggu apalagi setrikaan, duuuhhhh melambai-lambai minta dibelai *lebay, hahaha*
Kemarin sore bikin gangan besantan, simple banget.. aslinya mah ini sayuran sesuka hati yang ditumis yang kemudian ditambahin santan trus ditambahin udang atau lainnya sesuai selera aja...
Ini juga sayur andalan  kalo pas lagi pengen masak berkuah-kuah tapi ga mau ribet.... Maklumlah jam terbang emak tinggi, tinggi karena kerjaan rumah selalu menanti..

Cukup ah curcol pagi ini, mau lanjut masak lagi..
Ini resepnya ya..




Gangan Besantan

Bahan:
  • 50 gram udang kecil, bersihkan
  • 1/2 papan tempe/ tahu, potong kotak kecil
  • Sekepalan buncis, iris serong
  • Wortel, iris serong (kemarin ga pake, kehabisan)
  • Kecambah
  • 3 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 400 ml santan kekentalan sedang
  • Gula dan garam secekupnya
  • Cabe merah dan hijau besar, buang biji dan iris serong
  • 2 sdm minyak goreng
Cara membuat:
- Tumis irisan  bawmer dan baput, kemudian tambahkan udang, aduk sebentar biarkan sesaat
- Tambahkan potongan tempe, kecambah dan buncis bertahap,  tumis sebentar hingga mulai matang.
- Masukkan santan, gula dan garam, koreksi rasa, biarkan hingga kuah mendidih.
- Taburi irisan cabe merah dan hijau. Matikan api
- Angkat, sajikan bersama nasi paas dan ikan goreng serta sambal....




Salahkan perut anda kalo nasinya cepet abies ya.....^^
Semoga bermanfaat..
Wassalam...



Friday, October 14, 2016

.:: Ayam Goreng Mentega ::.

Assalamu'alaikum...

Ini masakan beberapa minggu lalu, simple aja yang penting enak dan sesuai selera keluarga. Bikinnya juga ga pake ribet. Bumbu seadanya di rumah. Alhamdulillah si Aa dan Dede semakin lahap makannya.
Weekend besok mau bikin lagi ah...


Ayam Goreng Mentega

Bahan:
1/2 ekor ayam, potong sesuai selera
1/2 buah jeruk nipis
2 sdm mentega
3 siung bawang putih, cincang 
1 buah bawang bombay, iris
2 sdm kecap inggris
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis

Bumbu halus/rendaman:
1/2 sdt merica
1 cm jahe
4 siung bawang putih
 1 sdt garam

Cara membuat:

  • Bersihkan ayam, beri perasan jeruk nipis. Balurkan bumbu rendaman, diamkan sesaat.
  • Goreng ayam hingga matang, sisihkan.
  • Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bombay hingga tercium aroma wangi, masukkan kecap inggris, saus tiram dan kecap manis, aduk.
  • Tambahkan ayam goreng, aduk rata semua bahan, masak hingga matang sempurna
  • Sajikan hangat.....




Gimana...
Gampangkan bikinnya..
Semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum..

.:: Jamur Crispy Saus Asam Pedas ::.

Assalamu'alaikum...

عَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ (٢١٦)
“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah yang paling mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah:216)
Kayanya kemarin Rabu itu puncak dari segala puncak badan udah ga tahan lagi, rasanya remuk sekujur tubuh. Rabu pagi beraktifitas seperti biasanya cuman lebih awal lagi, karena mesti nganter si Dede sekolah trus menemani si Aa acara tahunan outbond sekolah di Screen House Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarmasin. Acara sekolah bubar sebelum tengah hari, bersama Aa lanjut ke acara arisan bulanan emaknya disalah satu rumah makan ditengah kota. Lepas Dzuhur alhamdulillah udah nyampe rumah, sholat lanjut istirahat, niatnya cuman pengen rebahan sebentar eh tak taunya ketiduran beberapa puluh menit trus kaget ketika Pak Suami nelp nanyain kabar, tak kuasa menahan kantuk, obrolan telp dilanjutkan sama si Aa, emaknya balik rebahan mau lanjut tidur tapi ga bisa trus seluruh muka rasanya panas dan sakit, hidung tetiba sesak, waduh alamat bakalan sakit nih!. Mau makan dan minum ya ga bisa karna masih shaum saat itu. Yang ada di kepala selain mau bikin wedang jahe dan jus buah adalah pingin minum vitamin biar badan bisa segera fresh lagi, jangan sampe sakit, alamat buyar semua nanti urusan dalam dan luar rumah. Karena lemes ga bisa apa-apa, akhirnya cuma lanjut rebahan, hingga waktunya Ashar tiba. Berupaya sebisa mungkin dengan rasa pusing dan badan sakit beranjak dari tempat tidur lanjut sholat, alhamdulillah segeeeer sekali rasanya, nikmatnya air wudhu yang menyentuh kulit mampu memberikan kekuatan dibadan, kelar sholat lanjut siap-siap jemput Dede di sekolah, biasanya si Aa ga mau ikut, tapi liat emaknya kurang fit, katanya mau nemani. Alhamdulillah Dede dah siap dijemput udah pake mandi pula, senangnya ih si emak jadi berkurang kerjaan nyampe rumah nanti, hehehehe... Nyampe rumah langsung persiapan buat berbuka, sederhana aja sih cuman beberapa potong buah segar, kurma, tumisan kacang panjang dan wortel, telur masak tomat, terong goreng, ikan asin sepat goreng plus sambal, minumnya air putih hangat dan wedang jahe, alhamdulillahilladzi bini'matihi tatimmushshlihat. Semua serba hangat bikin keringat gede-gede diwajah. 
Ba'da isya lanjut bikin smoothie pisang, semangka dan nanas tambah beberapa sendok sirup markisa, alhamdulillah anak-anak anteng dan lekas tidur malam, emaknya lanjut ngerjain tugas rumah yang sebelumnya tertunda karena istirahat tadi siang. Duh ya... maunya sih emak bebas tugas beberapa hari biar bisa full istirahat tapi ya gitu dech... Tapi ya disyukuri banget, akhirnya bisa tiduran dan istirahat, kalo ga gitu badan ini akan terus bergerak dan bekerja tanpa henti.
Kamis subuh lanjut lagi beraktifitas seperti biasa meskipun rasa kantuk dan lelah badan masih terasa, tapi emak mesti kuat lah ya, demi apa coba  kalo bukan demi anak-anak. Mesti dikuat-kuatin. Beres kerjaan pagi, anak-anak udah sekolah emak lanjut masak, masak simple aja ga pake ribet biar ada banyak waktu buat ngerjain yang lain dan istirahat. Menunya sekalian buat setoran kelas 52wfppvegan juga.  Mau tau... Simak ya... ^^.



Jamur Crispy Saus Asam Pedas
Bahan Jamur Crispy:
  • 250 gram jamur, cuci bersih tiriskan
  • 1 bungkus besar tepung serbaguna 
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu halus:
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2  sdt merica
  • 1 sdt garam
Cara membuat:
  • Remas-remas jamur hingga kandungan air didalamnya berkurang, balur dengan bumbu halus, sisihkan
  • Siapkan 2 buah wadah, satu untuk adonan tepung basah dan satu untuk adonan tepung kering
  • Celupkan jamur ke adonan basah kemudian lanjutkan ke tepung kering
  • Goreng jamur diminyak panas banyak dengan api kecil-sedang hingga kuning kecoklatan dan matang, lakukan hingga jamur habis. Tiriskan.

Bahan Saus Asam Pedas:

  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 buah bawang merah, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay kecil, iris tipis
  • 1 sdt maizena, cairkan dengan kurang lebih 50ml air
  • 150 gram nanas madu, potong kotak kecil
  • 1 sdm gula pasir (optional, bisa diskip atau kurangi takarannya karena nanasnya kan udah manis)
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm minyak 
  • 150ml air
Bumbu saus
  • 5 buah cabe keriting
  • 8 buah cabe rawit
  • 1 sdt garam
Cara Membuat:
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih, merah hingga wangi, tambahkan bawang bombay dan bumbu saus, tumis sebentar
  • Tambahkan air secukupnya, biarkan mendidih, Tambahkan kecap, gula dan garam, aduk
  • Tuang 1-2 sendok maizena cair, aduk-aduk hingga saus mengental dan menidih kemudian masukkan potongan nanas, aduk sebentar hingga matang, matikan api.
Penyelesaian:
  • Tata jamur crispy diwadah saji, kemudian siram dengan sausnya
  • Sajikan......



Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum....

Tuesday, October 11, 2016

.:: Dari Zhaqhi Menjadi Qhisahurangbanjar ::.



Assalamu'alaikum...

Jadi pekan kemarin gegara iseng bikin fanpage di facebook jadi kepikiran juga bikin alamat baru blog, soalnya pake nama yang biasa dipake untuk fanpage selalu ditolak dengan alasan sudah dipakai.... Hhhmmmm.. daripada puyeng kebanyakan nama mending bikin yang unik ajalah... trus sekalian rubah dan samakan namanya dengan blog ini. 
Alhasil jadilah si Qhisahurangbanjar kenapaaaaaa Qhi adalah Qhiqhio dari nama panggilan Kiki dengan ejaan Q, H dan I biar unik aja. Sah adalah penggalan kata dari kisah atau cerita urang Banjar ya orang Banjarmasin asli tanpa ada campuran dari wilayah lain di Kalimantan Selatan *boleh donk bangga*. Dan dari nama ini harapannya sih saya bisa berbagi sedikit kisah-kisah  tak jelas keseharian, meskipun tak saban hari juga cerita disini. Yang pasti ini kisah si urang Banjar. 
Sekarang lagi fokus ngurus anak-anak sendiri sementara si Pak Suami bekerja di seberang pulau sana, selain itu ya nyambi belajar motret makanan juga, trus ngupload dimedia sosial dengan resepnya kalo pas bikin sendiri trus kembali ngeblog gini juga. Alhamdulillah ya... Dinikmati aja, disyukuri aja, dijalanin aja semuanya sesuai dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Pekan kemarin masak-masak *ya iyalah masak, kl ga masak mau makan apah coba-.-* Sekalian bereksperimen resep juga, mayanlah ya buat cemilan anak-anak yang terjamin kebersihan dan kesehatannya plus hemat dikantong emak secara sekarang kan hidup dengan dua dapur, hiks... *Ya Allah... semoga kami lekas berkumpul lagi, doa kenceng, Amiiinnn*

Bikin gabin vla, gugling resep rata-rata yang keluar berasal dari cookpad semua dan hampir sama, ntah sumber aslinya dari yang mana, paling disesuaikan dengan bahan atau selera aja ya.
Pertama bikin hasil vla terlalu cair kuranng kental tapi dari segi rasa udah pas. Trus bikin lagi dikurangi takaran airnya saja plus nambahin tepung maizena dan pasta coklat, alhamdulillah pas. Tapi.... lupa takaran-takaran setiap bahan... ahahaha alamat ntar coba lagi dan langsung catat resep aja nih... Trus pas udah jadi giliran mau motret mendadak cuaca berubah gelap dari yang sebelumnya terang bederang, moodnya langsung hilang diguyur air hujan lebat, cuman sempat motret sekali dan itu juga percobaan, wekekekeke.... Anak-anakpun girang tak terkira karena tak perlu menunggu lama, si gabin vla bisa langsung dimakan dan dihabiskan.... hahahhahahaha senangnya anak-anak emak ih... emaknya manyun ajah memandang hujan lebat dari balik pintu jendela *tsssaaah lebay mode on*


Ya ah udah terlalu larut malam, besok kerjaan penting menunggu *sok penting, biarin lah ya*

Selamat malam semua
Wassalamu'alaikum...