Thursday, October 6, 2016

.:: Bolognese Sauce ::.




Assalamu'alaikum...

Siapa sih yang tak mau memberikan masakan enak buat keluarga, terutama suami.
Dulu jamannya masih bujangan, saya suka liat kaka ipar saya (istri kakak tertua saya) bikin pasta. Suka perhatikan dia masak, sesekali nanya tapi dua tiga kali lupa *banyakan lupanya yak*. Supermarket yang ada waktu dulu itu cuman Hero,  jadi kalo mau bikin pasta-pastaan beli bahannya pasti lari kesana atau sebaliknya ke sana dengan alasan beli bahan pasta namun kenyataannya berbeda, belanja yang lain kakaaaak....*wekekeke anak banyak akal*.
Berlanjut hingga akhirnya saya dipinang pemuda Banjar, belajar masak pelan-pelan dengan menu sederhana ala-ala Banjarmasin. Hingga pada satu kesempatan saya diajak ke ibukota Jakarta, bermalam di rumah kakak suami, yang ternyata istrinya juga jago bikin pasta2an... whiiii senengnya bukan main. 
Alhamdulillah dikasih resep sederhana namun bikin ketagihan akan tetapi ini resepnya lebih lengkap dari resep masa bujangan kemarin. Setiap kali membuat saus bolognese ini saya selalu menyesuaikan dengan keberadaan bahan-bahan di rumah.
Yuk intip resepnya..

Tuna Bolognese



Bolognese Sauce

Bahan :
150 gram daging giling/cincang (kadang saya ganti  pake tuna kaleng)
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay besar, cincang halus
1/2 buah bawang bombay besar, iris tipis
5 buah tomat segar, potong kotak kecil
100 ml saus tomat
100 ml susu segar
1/2 sdt oregano kering
1/2 sdt basil kering
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt lada hitam, haluskan (optional)
1 sdt gula
1 sdm margarine

Cara membuat:
  •  Panaskan margarine hingga meleleh, tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dan iris hingga harum.
  • Masukkan daging cincang, aduk hingga berubah warna kecoklatan, tambahkan potongan tomat buah, saus tomat dan susu, aduk rata hingga mendidih.
  • Taburi garam, oregano, basil, merica dan lada hitam.
  • Masak hingga mengental dan matang, angkat, siap disajikan.

Nb:
Susu segar bisa diganti dengan air putih biasa. Penggunaan lada hitam biasanya khusus untuk saya dan suami, kalau untuk anak2 boleh diskip.


 

No comments:

Post a Comment