Friday, April 1, 2016

... Nasi Liwet, Kemarin dan Hari ini ...





Assalamu'alaikum...
Kemarin hujan turun lebat banget, si dede yang udah siap berangkat sekolah akhirnya tak jadi berangkat. Alhasil si dede bobok lagi.. Emak kembali berkutat di dunia emak ya nyapu, ngepel, nyuci, except nyetrika *sementara ga punya setrikaan kaka, talinya kebakar dan berapi2 kemarin, whuuusssh mayan bikin emak sontak teriak kenceng, API!* 
Dalam beberapa jam kemudian kerjaan emak beres, namu huan tak kunjung mereda jua, laparpun melanda... beruntung punya stok makanan ringan, BATAGOR!!!
Batagor.
Kenyang? Alhamdulillah....
Tapi cuman sebentar mak, perut mulai keroncongan lagi nih... *duh emak lebay dech ah*
Alhasil nyontek resepnya Bunda Anita Joyo yang disesuaikan dengan selera emak. Bikin nasi liwet kita yoook....

NASI LIWET MAGIC COM 


4 gelas ukur beras, cuci bersih 
6 gelas ukur air, sesuaikan masing2 jenis beras ya
8 bawang merah, iris 
5 bawang putih, iris 
2 serai (satu batang saya iris2, satu lagi saya geprek)
3 daunsalam
10 cabe rawit (saya skip, pake tuk taburan aja)
1 sdt garam 
1 sdt kaldu bubuk, optional (saya skip)
100 gr teri medan, goreng ( saya goreng lebih banyak 😁)
Garam sejumput

Cara 
1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih sampai harum. Masukkan serai dan daun salam. Angkat
2. Masukkan beras ke magic com beserta tumisan bumbu dan sebagian teri medan serta garam. Tambahkan air 
3. Tekan tombol cook. Masak hingga matang
4. Setelah matang, biarkan dulu 15-20'. Taburi sisa teri medan, aduk merata nasi 
5. Siap di sajikan dengan sambal terasi dan lalap sayur (saya pake ikan asin sepat goreng dan taburan cabe rawit).


Nasi Liwet Magic Com

Kali ini bener-bener bikin perut emak bertahan lebih lama dari sebelumnya, alhamdulillah.
Daaaaaan....
Resep ini berhasil bikin emak masak 3x berturut-turut selama 2 hari, ahaahaahaaa... sukses bikin pinggang melebar 😂

No comments:

Post a Comment