Sunday, November 22, 2015

Telang Masak Asam

Telang masak asam.


Assalamu 'alaikum...
Sapa coba yang tak suka ikan asin? semua pasti suka. Ikan segar  yang diawetkan dengan penambahan garam ini dapat disimpan lama dengan cara penyimpanan yang tepat, namun pada kenyataannya tak pernah mampu bertahan lama juga kalo udah dibeli, pasti maunya dimasak terus.
Apakah itu mau digoreng langsung atau dimasak dengan berbagai macam bumbu tambahan lainnya.

Merupakan ikan asin yang biasa kami sebut iwak karing telang berukuran besar dengan tekstur daging lembut dan tebal, biasanya dapat di goreng langsung begitu saja kemudian pada saat penyajian daging ikan tersebut diberi perasan jeruk nipis, jeruk kunci atau jeruk purut dan jangan lupa cabe rawitnya ya... duuuh duuuuh duuuuuh jadi laper dech... sederhana bukan...
Selain itu ada lagi ini cara masak favorit saya, dimasak asam. Iyah, masaknya gampang ko, ga pake lama dan dijamin nasi sepiring ga bakalan cukup *saya banget ituuh.


Nasi, telang masak asam, kerupuk.
Sedikit cerita tentang beberapa tahun lalu saat masih tinggal di kota kecil Clayton, Victoria. Saat itu kalau tidak salah saya sekeluarga baru tinggal kurang beberapa bulan saja, namun kerinduan makan ikan asin itu terasa sekali hingga ketika kami mendapat kabar bahwa kakak ipar saya akan datang ke Melbourne dan menetap beberapa minggu karena ada jadwal pelatihan terbang sungguh sangat menyenangkan sekali, yang muncul di pikiran itu cuman satu, minta bawain ikan asin, hahahahaha...
langsung dech telpon ke mama di Banjarmasin minta belikan ikan terus minta dipacking serapi mungkin biar mencegah aroma wanginya keluar dan minta kirim ke Jakarta sesegeranya.
Alhamdulillah saat itu kakak ipar berhasil dirayu dan berhasil pula melewati pemeriksaan di bandara Melbourne, meskipun beberapa pakaiannya tercium aroma khas ikan asin. Ikan asin tersebut saya hemat-hemat sekali memakannya, maklum lah ga ada yang jual di sana kan, hahahaha..
Biasanya kalau udah bikin masakan ini saya jadi lupa timbangan, keenakan makan bikin ketagihan walaupun makannya cuman pake nasi, ikan asin ini plus kerupuk.


Telang masak asam (2).

Masak yuk...

Telang Masak Asam

Bahan :

250 gram daging ikan asin telang, potong-potong ukuran kecil
3  siung bawang merah iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
Asam jawa
Terasi (optional)
Cabe merah dan hijau besar segar, buang biji, iris serong
Garam
Gula putih
Gula merah
Minyak goreng
Air putih

Cara memasak:

Rendam potongan ikan asin ke dalam air bersih, biarkan beberapa saat, tiriskan kemudian goreng hingga agak kering (sesuai selera, kadang bisa juga digoreng hingga kering).

Campurkan asam jawa, terasi, gula merah dan air jadi satu, saring, sisihkan ampasnya.

Panaskan wajan, tuang 1-2 sendok makan minyak goreng, masukkan irisan baput dan bamer, biarkan hingga wangi bawang keluar.

Tuang campuran air asam jawa, kemudian masukan potongan ikan asin goreng. Tambahkan garam dan gula putih secukupnya. Koreksi rasa, biarkan hingga kuah agak kental dan matang.

Terakhir masukkan irisan cabe merah dan hijau. Matikan api dan sajikan.



Selamat mencoba

^_~





2 comments: