Saturday, November 28, 2015

Gangan Asam Patin

Indonesia kaya akan berbagai jenis masakan. Sayur asam salah satunya, dan setiap daerah tentu memiliki ciri khas masing-masing.
Gangan asam Banjar khas dari kota kelahiran saya. Gangan ini biasanya menjadi salah satu menu harian sekeluarga. Apalagi jika ditambahkan ikan patin, sepat, atau haruan/gabus hmmmm jadi laper lagi dech...

Baiklah sore ini saya akan berbagi resep andalan keluarga, resep turunan dari mamah tercinta.
Gangan asam yang saya tambahkan ikan patin, ikan hasil perolehan mancing dikolam samping rumah mamah dengan berat 9kg (besar buangeeeeeet), alhamdulillah saya kebagian daging tengahnya, trus karena masih terlalu besar bagi saya, akhirnya saya potog lagi menjadi 4 bagian. Ikan patin ini saya masak dengan bumbu yang lebih banyak dari biasanya.

Bumbu Halus Gangan Asam

Bahan :
8-10 siung bawang merah
6-7 siung bawang putih
5 biji kemiri 
2 ruas batang serai (iris tipis)
1/2 ibu jari kunyit
1/2 ibu jari laos (optional)
1 ruas jari asam jawa
1/2 ruas belacan
2 sdm minyak goreng

Cara membuat:

Campur semua bahan-bahan diatas, kemudian uleg hingga halus (saya pake cara praktis ajah, blender jadi satu).

Goreng bumbu dengan sedikit minyak hingga agak kering. Dinginkan.

Simpan ke dalam toples kaca tertutup.

Gangan Asam Patin.


Gangan Asam Patin

Bahan

Potongan ikan patin segar atau kepala ikan patin saja
1 sendok sayur besar bumbu halus gangan asam 
1 ikat kacang panjang, iris serong panjang
2 buah tomat segar, belah 4
1 buah cabe merah besar, buang bijinya, iris tipis serong
1/2 gelas air putih
Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

Panaskan wajan besar, masukkan bumbu gangan asam biarkan sebentar kemdian tuang air, aduk pelan.

Masukkan ikan patin biarkan hingga ikan setegah matang.

Tambahkan potongan kacang panjang dan tomat buah, aduk sebentar.

Jangan lupa gula dan garam secukupnya ya dimasukkan juga. Koreksi rasa. Masak hingga ikan matang dan bumbu mengental.

Sajikan bersama nasi panas, ikan asin, sambel juga yaaa...

Gangan  Asam Banjar
Minyak yang nampak dikuah itu adalah lemak yang keluar dari si ikan patin jumbo.



No comments:

Post a Comment